Ini Dia Motor Dengan Teknologi Baru
Masmus Technology - eknologi motor ini lebih baiknya harus berada di sepeda motor. Teknologi pada sepeda motor memang terus berkembang ditambah lagi pada motor balap di MotoGP. Untuk motor versi produksi pergantian yang banyak adalah pengaplikasian fitur-fitur hebat motor besar pada motor kubikasi kecil. Teknologi yang biasanya berada di motor besar saat ini mulai di aplikasikan pada motor dengan kubikasi kecil. Itu 6 teknologi motor yang lebih baiknya ada di setiap motor.
Anti-lock Braking Skema (ABS)
Fitur teknologi ABS jadi teknologi yang sudah paling banyak diaplikasikan pada sepeda motor bahkan untuk motor kubikasi kecil. ABS bertindak dalam keamanan waktu kerjakan pengereman. ABS meredam roda tutup waktu di rem. Kita banding dengan rem biasa, waktu kerjakan pengereman mendadak menggunakan rem biasa dengan kuat karenanya waktu itu roda akan berhenti ngunci dan ini berefek. Motor dan pengendaranya bisa jatuh. Sedang fitur ABS walau anda mengerem dengan kuat dan mendadak roda tidak langsung tutup, roda tetap memutar dengan jeda sepersekian detik sampai ada kesempatan buat pengendara untuk menghindari objek.Rem dengan teknologi ABS akan kerjakan lepas dan jepit piringan cakram rem 30-40 kali per detik. Itu mengapa waktu kerjakan pengereman dengan fungsi ABS lebih aman. Roda tidak tutup dan masih ada waktu buat pengendara bereaksi.
Slipper clutch
Teknologi slipper clutch dulu sering di aplikasikan pada motor sport gede. Dengan slipper clutch karenanya back torque dapat di minimalisir. Pernahkan teman dekat memakai motor sport terus kerjakan penurunan gigi dengan cepat sampai mesin gerung dan roda belakang terasa ngunci nah tersebut yang disebut back torque. Jadi putaran mesin dan roda tidak seimbang. Slipper clutch tersebut yang bertindak meminimalisir berlangsungnya back torque itu. Motor yang pertama kali menerapkan Slipper Clutch adalah Kawasaki ZX-7R, Aprilia RSV Mille R dan Ducati 748R. Tapi sekarang ini motor Yamaha R15 saja sudah menggunakannya.
Assist clutch
Assist Clutch biasanya ada dengan Slipper clutch. Assist Clutch ini bertindak dalam mempermudah perpindahan gigi. Jadi dengan menggunakan Assist Clutch waktu berakselerasi perpindahan gigi makin gampang dan halus. Perpindahan gigi lebih presisi dan tidak mudah selip.
Ride by ware
Teknologi ke 4 dari 7 teknologi motor hebat adalah Ride by wire. Jika dulu motor pakai 1 tali gas untuk menyambungkan selongsong gas di setang dengan throttle body, terus berkembang dengan 2 tali gas. Tali gas sendiri biasanya terbuat dari kawat seling. Untuk saat ini throttle body dan selongsong gas di setang di hubungkan dengan kabel tembaga. dengan tembaga dan pola elektronik dapat untuk membuat kecepatan motor makin kencang dan makin perlahan-lahan. Teknologi itu adalah Ride By wire
Akselerasi akan makin smooth
Dengan ride by wire akselerasi akan makin smooth dan mesin makin efisien. Kerja katup throttle body diatur dengan computer yang terhubung ke grip gas di setang. Jika gunakan kabel seling biasa bukaan katup throttle akan sesuai dengan tarikan tali gas jadi tidak bingung jika tali gas ditarik keras dengan tiba-tiba motor bisa stall. Dengan Ride By Wire kejadian itu tidak berjalan. Karena putaran grip gas di setang akan masuk ke computer pengolah, baru di salurkan ke katup throttle body. Tersebut sebab mengapa dengan RBW akselerasi motor lebih smooth dan halus.
Keuntungan lain dari RBW adalah bisa di hubungkan dengan Cruise control, traction Control dan push button capping. Salah satu motor yang sudah mengguunakan teknologi RBW adalah Honda CBR250RR. Sedang motor yang pertama make adalah Yamaha R6 pada tahun 2006.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar